Menu

Mode Gelap
Tempuh Jalur Hukum, Polda Diminta Tangkap Aktor Demo Rumah Tahfiz Siti Hajar Anies Unggul Telak di Polling Capres Tokoh NU, Nadirsyah Hosen Dr. H. Jeje Zaenuddin Pimpin PERSIS Masa Jihad Tahun 2022 – 2027. Ini Harapan PW Persis Sumut Begini Solusi Kelola BBM dan Listrik dari Ketua Pemuda Persis Kota Medan Mulia: Perda No. 5/2015 Jadi Proteksi Bagi Pemkot Medan Bantu Warga Tak Mampu

Keumatan · 12 Apr 2023 09:21 WIB ·

Safari Ramadhan 1444 H, Upaya Memperkokoh Silaturrahim dan Menanamkan Akidah Umat


Tim III Safari Ramadhan MUI Deli Serdang dalam acara safari Ramadhan 1444 H di Masjid Al-Anshor Desa Bandar khalipah. Perbesar

Tim III Safari Ramadhan MUI Deli Serdang dalam acara safari Ramadhan 1444 H di Masjid Al-Anshor Desa Bandar khalipah.

Oleh : Tim Aktivis Dakwah Al-Misbah

MisbahNEWS, Medan – Dalam rangka silaturrahim antara Ulama dan Masyarakat, seraya mensyiarkan ibadah bulan suci Ramadhan, Tim III Safari Ramadhan MUI Kabupaten Deli Serdang Ramadhan 1443 H yang diketuai oleh Bapak H. Waluyo melakukan Safari Ramadhan di kecamatan Percut Sei Tuan, Selasa (11/04/2023) kemarin.

Rombongan disambut oleh unsur pengurus MUI kecamatan Percut Sei Tuan, diantaranya Dr. Muktarruddin Dalimunthe, MA. (Ketua MUI Percut Sei Tuan), Drs. M. Rajab Sianturi (Sekretaris MUI Percut Sei Tuan), H. Muchlis Syam, SH (Wakil Ketua MUI Percut Sei Tuan), Dahniar Margolang, SAg (Komisi Pemberdayaan Perempuan, Remaja dan Keluarga MUI Percut Sei Tuan), Wahono, Harto S Mhum dan unsur pengurus lainnya, beserta jajaran BKM dan jemaah Masjid Al-Anshor.

Hadir dalam acara tersebut dari pihak kecamatan Percut Sei Tuan (yang diwakili oleh sekcam), Drs. H. Ahmad Sayuti Hasibuan, MA (Kepala KUA Percut Sei Tuan), Ustadz Baharuddin (Ketua Fosil BKM Percut Sei Tuan), Zulfahmi Hasibuan MPd (Ketua Dewan Masjid Indonesia/DMI Percut Sei Tuan), H. Surya (pimpinan LDII Deli Serdang), Ketua NU Deli Serdang, unsur pengurus Muhammadiyah Percut Sei Tuan, pengurus BKPRMI Percut Sei Tuan; dan jajaran da’i muda Percut Sei Tuan.

Tim III Safari Ramadhan MUI Deli Serdang dalam acara berbuka puasa bersama di Warung BERKAH kawasan Psr 10 Bandar Klippa

Kegiatan dimulai dengan berbuka puasa bersama di Warung BERKAH kawasan Psr 10 Bandar Klippa dan sholat Maghrib berjama’ah, yang dilanjutkan dengan makan malam bersama.

Kegiatan dilanjutkan dengan sholat Isya, Tausiyah dan tarawih bersama di Masjid Al-Anshor Jl. Medan – Batang Kuis Psr 10 Kecamatan Percut Sei Tuan, sebuah masjid yang baru berdiri wakaf dari Bapak Anshor Batubara senilai sekitar 10 M dan baru diresmikan sekitar Juni 2022 lalu.

Dalam tausiyahnya, Bapak H. Waluyo menekankan dua hal. Pertama, kita harus berupaya bagaimana menanamkan akidah di umat Islam, karena saat ini banyak penyimpangan pemahaman dari ajaran Islam yang benar. Kedua, umat Islam harus memperkokoh silaturrahim antar sesama, jangan suka bertengkar.

“Umat Islam jangan suka padhu. Opo iku padhu? Padhu artinya berdebat atau bertengkar, yang mencirikan suatu hubungan yang buruk. Adanya Indonesia merupakan gawean-nya para ulama dari berbagai ormas Islam pada masa kemerdekaan. Silaturrahim harus terus dijalankan untuk menjalin ukhuwah Islamiyah,” demikian H. Waluyo dalam tausiyahnya, yang diselingi gaya humor khas jawa.

H. Waluyo juga berpesan bahwa untuk bertakwa dibutuhkan sarana rukuk dan sujud, yakni sebuah masjid. “Kita harus bersyukur karena ada seorang umat Islam yang wakaf masjid besar seperti ini, lengkap tanah dan bangunannya. Masyarakat harus mensyukuri anugerah ini. Manfaatkan masjid ini untuk menjalin silaturrahim dan memperkokoh ukhuwah, karena BKM telah memberikan kesempatan dan membuka pintu seluas-luasnya bagi kaum muslimin untuk memanfaatkan masjid ini,” pesannya.

Dalam kesempatan tersebut, ketua MUI kecamatan Percut Sei Tuan Dr. Muktarruddin Dalimunthe, MA  selaku tuan rumah turut memberikan kata sambutan. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tim Safari Ramadhan dan jajaran BKM beserta jemaah Masjid Al-Anshor.

Dr. Muktarruddin memaparkan, dalam acara safari Ramadhan kali ini, MUI Percut Sei Tuan sengaja mengundang berbagai ormas Islam yang ada di Percut Sei Tuan. “Ini semua dalam rangka untuk menjalin kerjasama dan sinergitas antar ormas Islam yang ada, dalam membangun umat Islam dan masyarakat di Deli Serdang, khususnya kawasan Percut Sei Tuan ini,” katanya.

Dalam berbagai kesempatan, Dr. Muktarruddin selalu menegaskan, sangat penting menjaga ukhuwah sesama anak bangsa. Menjaga ukhuwah yang dimaksud adalah ukhuwah Islamiyah diantara sesama muslim, ukhuwah wathaniyah diantara saudara dalam ikatan kebangsaan, dan ukhuwah basyariah diantara saudara sesama manusia.

Acara dilengkapi dengan sesi foto bersama, sekaligus dilakukan penyerahan bingkisan oleh MUI kabupaten Deli Serdang kepada BKM Masjid Al-Anshor, yang diterima oleh Haitami Batubara, selaku ketua BKM. Kemudian, acara dilanjutkan shalat tarawih berjama’ah.

Dalam rangka memotivasi ibadah di bulan suci ramadhan 1444 H., MUI Kabupaten Deli Serdang tahun ini mengirimkan 8 tim safari ramadhan. Kegiatan dilakukan dengan melibatkan seluruh pengurus Jajaran Dewan Pertimbangan, Pengurus Harian dan Komisi. Mereka diterjunkan ke 22 kecamatan yang ada di Kabupaten Deli Serdang.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 9 hingga 11 April 2023. MUI Deli Serdang mengerahkan semua komponen pengurusnya atas dasar permintaan para pengurus MUI Kecamatan yang merasa rindu dan haus akan silaturrahim dengan para ulama yang selama beberapa tahun ini agak terhambat akibat pandemi covid 19 secara masif.[] (Bas/iv/2023).

Artikel ini telah dibaca 41 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Untuk Menjalankan Syariat Islam, Haruskah Menunggu Berdirinya Khilafah?

29 April 2023 - 06:34 WIB

TAFAHUM SU Berduka, Kehilangan Aktivis Terbaiknya

12 April 2023 - 21:32 WIB

Meriahkan Ramadhan 1444 H, MAN 1 Medan Gelar Kegiatan Up-Grading KKD

9 April 2023 - 10:04 WIB

Bocil Muslim Yatim Piatu Di daerah Minoritas

24 Maret 2023 - 12:39 WIB

Ketua MUI Percut Sei Tuan: Antusias Masyarakat ke Masjid Meningkat

24 Maret 2023 - 11:00 WIB

Dr. Masri Sitanggang: Dengan Tulisan Yang Menarik, Mempelajari Matematika Serasa Asyik Seperti Membaca Sebuah Novel

12 Maret 2023 - 20:02 WIB

Trending di Keumatan