Menu

Mode Gelap
Tempuh Jalur Hukum, Polda Diminta Tangkap Aktor Demo Rumah Tahfiz Siti Hajar Anies Unggul Telak di Polling Capres Tokoh NU, Nadirsyah Hosen Dr. H. Jeje Zaenuddin Pimpin PERSIS Masa Jihad Tahun 2022 – 2027. Ini Harapan PW Persis Sumut Begini Solusi Kelola BBM dan Listrik dari Ketua Pemuda Persis Kota Medan Mulia: Perda No. 5/2015 Jadi Proteksi Bagi Pemkot Medan Bantu Warga Tak Mampu

Keumatan · 24 Mar 2023 12:39 WIB ·

Bocil Muslim Yatim Piatu Di daerah Minoritas


Aris Wijaya Lingga masih memerlukan uluran kaum dermawan Perbesar

Aris Wijaya Lingga masih memerlukan uluran kaum dermawan

Oleh : Tim Aktivis Dakwah Al-Misbah

MisbahNEWS, Medan – Kehidupan di alam semesta tidaklah bisa menolak takdir dan ketentuan Allah Rabbul Jalil. Berharap dan berdoa kehadirat Allah Sang Penguasa Mutlaq boleh-boleh saja, bahkan disuruh untuk meminta dengan syarat tertentu sebagaimana dipaparkan Allah dalam Al Qur’an Surah Al Baqarah ayat 186. Tetapi urusan soal kabul atau tidak itu adalah haq sepenuhnya milik Allah, kita berusaha Allah juga yang menentukan hidup dan matinya makhluk di bumi Allah ini.

Berbahagialah kita yang masih memiliki kedua orang tua hingga saat ini. Kita masih bisa bercanda, meminta sesuatu kepada kedua orang tua yang kita cintai.

Lain halnya yang dialami oleh Aris Wijaya Lingga berusia 5 tahun. Bocil Muslim tersebut tinggal di Dusun Bangun Desa Telagah Kec Sei Bingei Kabupaten Langkat. Untuk menemui Bocil Muslim tersebut harus menempuh 6 km jalan yang tidak mudah bahkan terjal, kalau musim hujan jalannya licin dan kalau tidak hati-hati pasti akan terpeleset dan bisa terbanting.

Aris Wijaya Lingga diusia yang masih memerlukan kasih sayang Ayah dan Bunda, tetapi ketentuan Allah terhadap Bocil Muslim di daerah minoritas ini sangat memilukan hati kita. Sang ayah J. Lingga meninggal dunia tahun 2019 dan tahun 2021 sang Mamak Legina Br Perangin angin menyusul sang ayah ke pangkuan Ilahi. Jadilah bocil muslim yatim piatu diusia yang masih belita. Tinggallah Aris bersama uaknya yang masih satu aqidah dengannya. Belum puas merasakan kasih sayang dari seorang uak dan tidak berapa lama uaknyapun kembali kehadirat Allah menyusul kedua orang tuanya. Habis harapan Bocil, akhirnya Bocil Muslim tinggal dengan saudaranya yang lain kepercayaan (Aqidah) dengan Aris Wijaya Lingga.

Dalam rangka Ramadhan 1444 H, Forum  Insan Peduli Umat Sumatera Utara (TAFAHUM SU) membuat satu gerakan amal dengan mendatangi para dermawan, mengumpulkan telekung dan pakaian layak pakai pada hari kamis (malam jum’at) tanggal 16 Maret 2023. Gerakan ini bertujuan agar kiranya saudara-saudara kita di daerah minoritas, terkhusus anak yatim piatu, dapat dibantu dengan gerakan amal. TAFAHUM SU akan menyerahkan bantuan dari para donatur kepada kaum dhuafa di daerah minoritas, termasuk untuk Bocil muslim yatim piatu tersebut.

Tokoh agama Islam Ustadz Surodjo Sembiring Meliala mengatakan Dusun Bangun sudah memiliki Masjid Al ikhlas dan peralatan fardhu kifayah bantuan dari BRI PEDULI PUSAT beberapa tahun yang lalu. Harapan Pak Sembiring Meliala agar sudilah para Ustadz untuk selalu memperhatikan kami di daerah minoritas yang jauh dari kepedulian orang-orang yang seaqidah. Ucapan terima kasih, salut dan hormat kepada TAFAHUM SU walaupun masih berumur 2 tahun tetapi berani dan ringan langkah serta siap menjadi penghubung para donatur yang berada di Medan.

Masjid selayaknya tidak hanya dijadikan sebagai tempat salat, tapi juga sarana dakwah, pelayanan sosial kemasyarakatan. Di sisi keuangan Masjid, jika pembangunan fisik telah rampung, maka pemanfaatan kas Masjid dapat diarahkan kepada pembinaan dan peningkatan sumberdaya manusia jemaah Masjid yang membutuhkan apakah dalam pemberian beasiswa berprestasi, penguatan ekonomi jemaah dan sebagainya. Semoga jadi pelajaran dan perhatian kita bersama,  semoga bocil muslim di daerah minoritas dapat terselamatkan aqidahnya.Wallahu A’lam.[] (Bas/iii/2023).

Artikel ini telah dibaca 58 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Untuk Menjalankan Syariat Islam, Haruskah Menunggu Berdirinya Khilafah?

29 April 2023 - 06:34 WIB

TAFAHUM SU Berduka, Kehilangan Aktivis Terbaiknya

12 April 2023 - 21:32 WIB

Safari Ramadhan 1444 H, Upaya Memperkokoh Silaturrahim dan Menanamkan Akidah Umat

12 April 2023 - 09:21 WIB

Meriahkan Ramadhan 1444 H, MAN 1 Medan Gelar Kegiatan Up-Grading KKD

9 April 2023 - 10:04 WIB

Ketua MUI Percut Sei Tuan: Antusias Masyarakat ke Masjid Meningkat

24 Maret 2023 - 11:00 WIB

Dr. Masri Sitanggang: Dengan Tulisan Yang Menarik, Mempelajari Matematika Serasa Asyik Seperti Membaca Sebuah Novel

12 Maret 2023 - 20:02 WIB

Trending di Keumatan