Menu

Mode Gelap
Tempuh Jalur Hukum, Polda Diminta Tangkap Aktor Demo Rumah Tahfiz Siti Hajar Anies Unggul Telak di Polling Capres Tokoh NU, Nadirsyah Hosen Dr. H. Jeje Zaenuddin Pimpin PERSIS Masa Jihad Tahun 2022 – 2027. Ini Harapan PW Persis Sumut Begini Solusi Kelola BBM dan Listrik dari Ketua Pemuda Persis Kota Medan Mulia: Perda No. 5/2015 Jadi Proteksi Bagi Pemkot Medan Bantu Warga Tak Mampu

Keumatan · 9 Apr 2023 10:04 WIB ·

Meriahkan Ramadhan 1444 H, MAN 1 Medan Gelar Kegiatan Up-Grading KKD


Bapak Reza Faisal (Kepsek MAN 1): “MAN 1 Medan merupakan  tempat pencetakan para da'i dan da'iyah. Tidak semua madrasah yang ada, memiliki kegiatan seperti ini. Para peserta KKD diharapkan dapat menjalankan misi dakwah nantinya.” Perbesar

Bapak Reza Faisal (Kepsek MAN 1): “MAN 1 Medan merupakan tempat pencetakan para da'i dan da'iyah. Tidak semua madrasah yang ada, memiliki kegiatan seperti ini. Para peserta KKD diharapkan dapat menjalankan misi dakwah nantinya.”

Oleh : Tim Aktivis Dakwah Al-Misbah

MisbahNEWS, Medan – Memeriahkan Ramadhan tahun ini, MAN  1 medan menggelar kegiatan Up-Grading KKD (Kursus  Kader Dakwah), Rabu (29/03/2023) lalu. Acara berlangsung di lapangan Badminton  MAN 1 Medan, dibuka secara resmi pada pukul 18.00 WIB oleh Kepala Madrasah Bapak Reza Faisal SPd.,MP.Mat., dan diikuti oleh para siswa MAN 1 sebagai peserta.

Hadir juga dalam acara tersebut para alumni dan aktivis KKD, diantaranya Drs. Zakaria Koto ZA (alumni 1986), Alamsyah YWR dan M. Fajrir Kesuma (alumni 2018). Mereka mendukung sepenuhnya kegiatan tersebut, karena kegiatan ini merupakan misi untuk melanjutkan perjuangan para perintis KKD, dan mendoakan semoga para perintis dan aktivis ada yang telah berpulang kehadirat Allah kiranya ditempatkan di dalam jannah-Nya. Kepada para peserta, diharapkan agar mereka dapat menjadi kader-kader dakwah yang militan dan terus berdakwah selama hayat dikandung badan.

Disamping 3 alumni dan aktivis KKD yang lain, juga hadir bakda berbuka puasa para alumni (bahasa yang lebih populer: masa tamatan) dari berbagai angkatan dari masa ke masa,  diantaranya Zulkarnaen Nasution,  Syafrizal Harahap dan yang lainnya.

Para peserta kegiatan KKD MAN 1 Medan.

Dalam sambutannya, Kepsek MAN 1 menyatakan bahwa MAN 1 Medan juga merupakan  tempat pencetakan para da’i dan da’iyah, dan tidak semua madrasah yang ada memiliki kegiatan seperti ini. “Anak-anak kami harus berbahagia karena telah ikut kegiatan Up-Grading ini, sementara teman-teman kamu banyak yang tidak ikut dikarenakan dengan bermacam-macam alasan.” Katanya.

Kepsek juga menyampaikan selamat buat anak didik yang ikut dalam kegiatan ini. Beliau berharap agar selalu sehat dan sukses dalam menjalankan misi dakwah nantinya. Kepada para Instruktur/Co-Instruktur dan para Alumni MAN Medan yang hadir, beliau juga mengucapkan terima kasih atas partisipasinya.

Sebagai rangkaian akhir dari acara Up-Grading ini, akan dilaksanakan Safari Ramadhan selama 7 hari di berbagai Desa di Kecamatan Sei Bingei Kabupaten Langkat, yang dimulai tanggal 2  April 2023. Kegiatan ini sudah merupakan kegiatan rutin Korbid Dakwah.

Para peserta KKD MAN 1 Medan berbuka puasa bersama

Sebagai informasi, sekolah agama tingkat menengah di Medan ini dikenal dengan nama Madrasah Aliyah Negeri (MAN) dan dirintis diera 80-an, dengan kepala sekolah yang pertama Drs. H.Mukhtar Ghafar (Alm). Dimasa kepemimpinannyalah KKD (Kursus  Kader Dakwah) ini lahir, dengan disponsori oleh 4 tokoh yakni M. Arif Tamimi, Marwan Tanjung, Mukhlis Malik dan Thamrin.

Pada masa itu, lokasi dakwah untuk yang pertama KKD MAN adalah daerah Batang Kuis kabupaten Deli Serdang dan desa Purwobinangun Pasar 1 kecamatan Sei Bingei kabupaten Langkat. Kini, KKD MAN Medan sudah berumur puluhan tahun dan telah menghasilkan kader-kader dakwah militan yang sudah memasyarakat.[] (Bas/iv/2023).

Artikel ini telah dibaca 61 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Untuk Menjalankan Syariat Islam, Haruskah Menunggu Berdirinya Khilafah?

29 April 2023 - 06:34 WIB

TAFAHUM SU Berduka, Kehilangan Aktivis Terbaiknya

12 April 2023 - 21:32 WIB

Safari Ramadhan 1444 H, Upaya Memperkokoh Silaturrahim dan Menanamkan Akidah Umat

12 April 2023 - 09:21 WIB

Bocil Muslim Yatim Piatu Di daerah Minoritas

24 Maret 2023 - 12:39 WIB

Ketua MUI Percut Sei Tuan: Antusias Masyarakat ke Masjid Meningkat

24 Maret 2023 - 11:00 WIB

Dr. Masri Sitanggang: Dengan Tulisan Yang Menarik, Mempelajari Matematika Serasa Asyik Seperti Membaca Sebuah Novel

12 Maret 2023 - 20:02 WIB

Trending di Keumatan