Menu

Mode Gelap
Tempuh Jalur Hukum, Polda Diminta Tangkap Aktor Demo Rumah Tahfiz Siti Hajar Anies Unggul Telak di Polling Capres Tokoh NU, Nadirsyah Hosen Dr. H. Jeje Zaenuddin Pimpin PERSIS Masa Jihad Tahun 2022 – 2027. Ini Harapan PW Persis Sumut Begini Solusi Kelola BBM dan Listrik dari Ketua Pemuda Persis Kota Medan Mulia: Perda No. 5/2015 Jadi Proteksi Bagi Pemkot Medan Bantu Warga Tak Mampu

Keumatan · 18 Feb 2023 08:42 WIB ·

Tafahum SU Sosialisasi Fardhu Kifayah Di lingkungan Tanjung Mulia


TAFAHUM SU sedang melakukan kegiatan Pelatihan Fardu Kifayah Perbesar

TAFAHUM SU sedang melakukan kegiatan Pelatihan Fardu Kifayah

Oleh : Tim Aktivis Dakwah Al-Misbah

 

MisbahNEWS, Medan – Komunitas Tafahum Sumatera Utara (Sumut), mengadakan acara Sosialisasi Fardhu Kifayah di lingkungan Tanjung Mulia pada malam Jum’at lalu (16/2/2023). Acara diadakan di rumah salah satu anggota wirid (Ibu Ani), dan diikuti oleh anggota Perwiritan ibu-ibu Al Ihsan, Simpang Kuburan Kelurahan Tanjung Mulia, kecamatan Medan Deli.

Acara ini bertujuan agar anggota perwiritan Al Ihsan mampu dan bisa menangani fardhu Kifayah khususnya di lingkungan Tanjung Mulia, dan masyarakat muslim di manapun saja berada. Kali ini, Tafahum hanya mempraktekkan cara mengkafani jenazah. Sebagai model fardhu Kifayah, ditunjuk Zidan (siswa MAS PAB Medan), yang merupakan kader Tafahum 24/25 Desember 2022 yang lalu.

Menurut ketua Tafahum SU Drs. Zakaria Koto ZA, kegiatan ini bertujuan untuk berbagi ilmu, sekaligus memperkenalkan apa itu Tafahum dan beraktivitas apa saja. Menurutnya, hal ini sangat perlu untuk dilakukan karena dalam bidang fardhu kifayah, ilmu ini sudah tidak (kurang) diminati oleh masyarakat muslim.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua Tafahum SU didampingi Sekretaris Muhammad Miftahul Ma’arif. Hadir juga Divisi Humas Muhammad Arifin Ihsan, Divisi Peralatan Ibnu Atthoillah, M.Shalihul Amri (Mahasiswa USU), Muhammad Rifqi Ar Rahman (siswa MTsN Binjei), Koordinator Srikandi Tafahum Dra.Hj. Elvia Darwati.SH., dan Nayla Salsabilah (siswi MAN 2 Model Cabang Helvetia). Turut hadir juga Zidan sebagai model fardhu kifayah (Kader TFM 24/25 desember 2022), Ferdy  (siswa SMP XI Medan) dan Kheila (siswi SMA Al Fatah Jln. Cemara Medan).

Kaum Ibu Al Ihsan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tafahum SU yang telah berbagi ilmu, khususnya fardhu Kifayah. Semoga ini menjadi amal jariyah. Mereka juga berharap, semoga pertemuan pertama ini dilanjutkan dengan pertemuan-pertemuan berikutnya, hingga anggota perwiritan Al Ihsan mampu dan bisa menangani fardhu Kifayah, khususnya di lingkungan Tanjung Mulia, dan masyrakat muslim di manapun saja berada.

Ucapan salut dan bangga juga disampaikan oleh ketua perwiritan Al Ihsan Ibu Hj. Subaniah kepada anggota yang cukup antusias dan perhatian atas sosialisasi yang dilakukan Tafahum. Beliau berharap, agar kita terus belajar dan belajar untuk mengejar ilmu yang akhirnya bermanfaat untuk pribadi dan sebagai investasi akhirat kita pribadi masing-masing.

Semoga, Tafahum kedepan semakin maju dan peduli pada ummat, serta tetap dalam ridho Allah. Dan tak kalah penting, agar harapan Tafahum untuk memiliki ambulance untuk keperluan Tafahum dan ummat segera terwujud, demikian pungkasnya.

 

Sekilas TAFAHUM SU.

TAFAHUM SU  merupakan Forum Insan Peduli Umat Sumatera Utara, bergerak atau misi utama di bidang fardhu kifayah, melatih dan membantu ummat agar paham dan tahu fardhu kifayah. Harapannya, di rumah setiap muslim ada bilal. Alangkah indahnya bila anak jadi bilal saat mamak dan ayahnya dipanggil Allah.

TAFAHUM SU baru berumur 2 tahun, lahir tepatnya tanggal 27 Februari 2021. Rencananya, pada milad ke-2 tanggal 27 Februari 2023 yang akan datang akan diperingati dengan mengadakan kegiatan latihan fardhu kifayah di Desa Tanjung Bunga Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat.

Komunitas Tafahum Sumatera Utara (Sumut), selain sebagai forum insan peduli umat, juga aktif melakukan audiensi ke tokoh-tokoh masyarakat Sumut guna menampung saran dan masukan untuk perkembangan Tafahum itu sendiri.

Tafahum disamping mengembangkan (mengajarkan), juga mempraktekkan fardhu kifayah. Diajarkan bagaimana membuat baju jenazah, dan juga serban (telekung). Bahkan, Tafahum siap mengajarkan cara merangkai pandan untuk diletakkan di atas keranda kalau umat membutuhkan.

Legalitas TAFAHUM SU sedang diurus ke MENGKUMHAM oleh pembina Ustadz Dedi Iskandar Batubara, yang juga merupakan anggota DPD RI.

Dalam audiensi ketua TAFAHUM SU Drs. Zakaria Koto ZA (didampingi oleh anggota Tafahum seperti Bung Ihsan dan Nasib selaku ahli merangkai pandan, Muhammad Miftahul Ma’arif selaku sekjen Tafahum Sumut, Jopi Lesmana selaku bendahara Tafahum Sumut, M. Ibnu Atthoillah dan Imam Sahroni selaku bidang konsumsi) ke kediaman dr. Soufy Rizal Husni MARS (anggota DPRD Deli Serdang Komisi E sekaligus pemilik RS Sinar Husni) baru-baru ini,  dr. Soufy mengingatkan agar Tafahum Sumut segera mengurus legalitas hukum komunitas tersebut.

Dr. Soufy juga berharap kepada Tafahum Sumut terus mempelajari fadhu kifayah agar dapat diajarkan kepada sesama anggota maupun masyarakat luas. “Beliau menyambut baik atas kunjungan Tafahum dan sangat mendukung komunitas ini, sebab anggotanya para muda/i harapan umat untuk masa depan,” tutur Drs. Zakaria.[] (Bas/ii/2023).

Artikel ini telah dibaca 91 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Untuk Menjalankan Syariat Islam, Haruskah Menunggu Berdirinya Khilafah?

29 April 2023 - 06:34 WIB

TAFAHUM SU Berduka, Kehilangan Aktivis Terbaiknya

12 April 2023 - 21:32 WIB

Safari Ramadhan 1444 H, Upaya Memperkokoh Silaturrahim dan Menanamkan Akidah Umat

12 April 2023 - 09:21 WIB

Meriahkan Ramadhan 1444 H, MAN 1 Medan Gelar Kegiatan Up-Grading KKD

9 April 2023 - 10:04 WIB

Bocil Muslim Yatim Piatu Di daerah Minoritas

24 Maret 2023 - 12:39 WIB

Ketua MUI Percut Sei Tuan: Antusias Masyarakat ke Masjid Meningkat

24 Maret 2023 - 11:00 WIB

Trending di Keumatan