Menu

Mode Gelap
Tempuh Jalur Hukum, Polda Diminta Tangkap Aktor Demo Rumah Tahfiz Siti Hajar Anies Unggul Telak di Polling Capres Tokoh NU, Nadirsyah Hosen Dr. H. Jeje Zaenuddin Pimpin PERSIS Masa Jihad Tahun 2022 – 2027. Ini Harapan PW Persis Sumut Begini Solusi Kelola BBM dan Listrik dari Ketua Pemuda Persis Kota Medan Mulia: Perda No. 5/2015 Jadi Proteksi Bagi Pemkot Medan Bantu Warga Tak Mampu

Keumatan · 18 Sep 2022 07:08 WIB ·

TAFAHUM Gelar Pelatihan Bilal dalam KKN UNUSU


TAFAHUM Gelar Pelatihan Bilal dalam KKN UNUSU Perbesar

Medan- Civitas Akademi Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara bersama Komunitas TAFAHUM Sumatera Utara mengadakan kegiatan pelatihan Fardhu Kifayah bersama masyarakat dan elemen Desa Bakaran Batu, Kecamatan Batang Kuis, Ahad (18/9/2022).

Kegiatan itu diselenggarakan di Masjid Amaliyah bersama elemen masyarakat dan Pemerintah Desa, Karang Taruna dan DPDes BKPRMI Bakaran Batu.

“Kegiatan ini adalah kegiatan keummatan, yang mana harapannya peserta yang mengikuti kegiatan ini nantinya dapat melaksanakan fardhu kifayah yang baik dan benar paling minimal untuk melaksanakan fardhu kifayah saat orangtua kita sendiri meninggal dunia, ungkap Fani Prayogi, Ketua KKN UNUSU.

Pemerintah Desa sangat mengapresiasi kegiatan yang belum pernah dilaksanakan dalam lebih kurang 30 tahun terakhir.

“Kegiatan ini menjadi pemacu bagi masyarakat dan khususnya para pemuda-pemudi untuk sadar akan pentingnya memahami soal fardhu kifayah ini,” ungkap Muslim Susanto, Kepala Desa Bakaran Batu.

Kegiatan pelatihan Fardu kifayah di Desa Bakaran Batu ini sangat penting diadakan mengingat saat ini terjadi krisis terhadap Bilal mayit.

“Bukan hanya di desa ini saja bahkan di desa lain juga terjadi demikian, Jadi melalui program pelatihan Bilal mayit ini semoga dapat memperdalam ilmu bagi generasi berikutnya dan akan muncul minat sebagai Bilal mayit,”pungkasnya.

Sementara itu, Ketua TAFAHUM SU  Drs.Zakaria Koto.ZA menjelaskan tujuan kegiatan atau pelatihan ini berbagi ilmu,dan memasyarakatkan ilmu fardhu kifayah.

“Target tafahum bagaimana di setiap rumah ada bilal,”  ujarnya didampingin pengurus  Tafahum yang ikut serta dalam kegiatan ini M.Shihab Almaidani, Ibnu Atthoillah, Mr Jop, Miftahul Ma’arif, Fildza Khalifah Kusuma, dan Nayla Salsabila.

Artikel ini telah dibaca 34 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Untuk Menjalankan Syariat Islam, Haruskah Menunggu Berdirinya Khilafah?

29 April 2023 - 06:34 WIB

TAFAHUM SU Berduka, Kehilangan Aktivis Terbaiknya

12 April 2023 - 21:32 WIB

Safari Ramadhan 1444 H, Upaya Memperkokoh Silaturrahim dan Menanamkan Akidah Umat

12 April 2023 - 09:21 WIB

Meriahkan Ramadhan 1444 H, MAN 1 Medan Gelar Kegiatan Up-Grading KKD

9 April 2023 - 10:04 WIB

Bocil Muslim Yatim Piatu Di daerah Minoritas

24 Maret 2023 - 12:39 WIB

Ketua MUI Percut Sei Tuan: Antusias Masyarakat ke Masjid Meningkat

24 Maret 2023 - 11:00 WIB

Trending di Keumatan