Menu

Mode Gelap
Tempuh Jalur Hukum, Polda Diminta Tangkap Aktor Demo Rumah Tahfiz Siti Hajar Anies Unggul Telak di Polling Capres Tokoh NU, Nadirsyah Hosen Dr. H. Jeje Zaenuddin Pimpin PERSIS Masa Jihad Tahun 2022 – 2027. Ini Harapan PW Persis Sumut Begini Solusi Kelola BBM dan Listrik dari Ketua Pemuda Persis Kota Medan Mulia: Perda No. 5/2015 Jadi Proteksi Bagi Pemkot Medan Bantu Warga Tak Mampu

Keumatan · 27 Feb 2023 21:02 WIB ·

Sambut Ramadhan 1444 H, Tafahum SU Gelar Praktek Penyelenggaraan Jenazah Di Kecamatan Kuala


TAFAHUM SU sedang melakukan kegiatan Pelatihan Fardu Kifayah Perbesar

TAFAHUM SU sedang melakukan kegiatan Pelatihan Fardu Kifayah

Oleh : Tim Aktivis Dakwah Al-Misbah

MisbahNEWS, Medan – Menyambut Ramadhan tahun ini, komunitas Tafahum Sumatera Utara (Sumut) kembali menggelar kegiatan fardhu kifayah di Dusun Tanjung Bunga Desa Garunggang Kecamatan Kuala pada malam Minggu lalu (25/2/2023) lalu. Acara diadakan di Masjid Nur Aisyah, sebuah masjid yang baru  satu kali dilaksanakan shalat jum’at, dan diikuti oleh anggota masyarakat seputar dusun tersebut.

Dalam kegiatan kali ini, Tafahum SU mengutus anggota Mr. Jopi Lesmana, dipimpin oleh ketua Tafahum SU Drs. Zakaria Koto ZA, dan didampingi oleh Miftahul Ma’arif, Rifqi, Fildza, Nayla,Nani, dan Elvia Darwati.

Walaupun jalan menuju lokasi tidak mudah dan terjal, tapi Tafahum SU tetap semangat. Rasa lelah di perjalanan hilang seketika, melihat begitu tinggi antusias jamaah mengikuti kegiatan tersebut. Bahkan, jamaah sangat berharap agar Tafahum dapat kembali menggelar pelatihan jilid II di lain waktu.

Bapak Tukiman, kepala Dusun Tanjung Bunga, menyambut baik atas kegiatan tersebut. Beliau berharap agar kegiatan ini tidak yang pertama dan terakhir, tapi bagaimana terus berlanjut agar jama’ah mampu dan lancar dalam melaksanakan fardhu Kifayah. Kegiatan berakhir sampai jam 23.30 WIB. Kendati demikian, semangat para peserta tidak kendor sedikitpun.

Beliau juga mengungkapkan rasa hormat dan menyampaikan ucapan terima kasih, sekaligus mendo’akan semoga Tafahum SU memiliki donatur yang bersedia membantu dan memberi sarana ambulance Tafahum SU. “Semoga segera terwujud,” demikian doa beliau.

Minggu pagi, seluruh personil Tafahum SU dibawanya berjalan-jalan ke Babarsari, sebuah lokasi wisata yang ada di Kabupaten Langkat hingga tengah hari. Bakda zuhur, rombongan Tafahum SU bertolak kembali ke Medan dan sampai tempat tujuan sekitar pukul 16.00 WIB.

Sekilas TAFAHUM SU.

TAFAHUM SU  merupakan Forum Insan Peduli Umat Sumatera Utara, bergerak atau misi utama di bidang fardhu kifayah, melatih dan membantu ummat agar paham dan tahu fardhu kifayah. Harapannya, di rumah setiap muslim ada bilal. Alangkah indahnya bila anak jadi bilal saat mamak dan ayahnya dipanggil Allah.

TAFAHUM SU baru berumur 2 tahun, lahir tepatnya tanggal 27 Februari 2021. Rencananya, pada milad ke-2 tanggal 27 Februari 2023 yang akan datang akan diperingati dengan mengadakan kegiatan latihan fardhu kifayah di Desa Tanjung Bunga Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat.

Komunitas Tafahum Sumatera Utara (Sumut), selain sebagai forum insan peduli umat, juga aktif melakukan audiensi ke tokoh-tokoh masyarakat Sumut guna menampung saran dan masukan untuk perkembangan Tafahum itu sendiri.

Tafahum disamping mengembangkan (mengajarkan), juga mempraktekkan fardhu kifayah. Diajarkan bagaimana membuat baju jenazah, dan juga serban (telekung). Bahkan, Tafahum siap mengajarkan cara merangkai pandan untuk diletakkan di atas keranda kalau umat membutuhkan.

Legalitas TAFAHUM SU sedang diurus ke MENGKUMHAM oleh pembina Ustadz Dedi Iskandar Batubara, yang juga merupakan anggota DPD RI.[] (Bas/ii/2023).

Artikel ini telah dibaca 68 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Untuk Menjalankan Syariat Islam, Haruskah Menunggu Berdirinya Khilafah?

29 April 2023 - 06:34 WIB

TAFAHUM SU Berduka, Kehilangan Aktivis Terbaiknya

12 April 2023 - 21:32 WIB

Safari Ramadhan 1444 H, Upaya Memperkokoh Silaturrahim dan Menanamkan Akidah Umat

12 April 2023 - 09:21 WIB

Meriahkan Ramadhan 1444 H, MAN 1 Medan Gelar Kegiatan Up-Grading KKD

9 April 2023 - 10:04 WIB

Bocil Muslim Yatim Piatu Di daerah Minoritas

24 Maret 2023 - 12:39 WIB

Ketua MUI Percut Sei Tuan: Antusias Masyarakat ke Masjid Meningkat

24 Maret 2023 - 11:00 WIB

Trending di Keumatan