Menu

Mode Gelap
Tempuh Jalur Hukum, Polda Diminta Tangkap Aktor Demo Rumah Tahfiz Siti Hajar Anies Unggul Telak di Polling Capres Tokoh NU, Nadirsyah Hosen Dr. H. Jeje Zaenuddin Pimpin PERSIS Masa Jihad Tahun 2022 – 2027. Ini Harapan PW Persis Sumut Begini Solusi Kelola BBM dan Listrik dari Ketua Pemuda Persis Kota Medan Mulia: Perda No. 5/2015 Jadi Proteksi Bagi Pemkot Medan Bantu Warga Tak Mampu

Opini · 5 Sep 2022 03:19 WIB ·

Modal Sosial Cinta Tanah Air pada ASN Melalui Optimalisasi Core Value BerAkhlak


Modal Sosial Cinta Tanah Air pada ASN Melalui Optimalisasi Core Value BerAkhlak Perbesar

Gambar: kompas.com

Oleh: Rizka Nabilah, Pensyarah di Institut Teknologi Sumatera

Indonesia Raya, merdeka! Merdeka!
Tanahku, negeriku yang kucinta
Indonesia Raya, merdeka! Merdeka!
Hiduplah Indonesia Raya!

Sepenggal lirik Indonesia Raya yang menggema di seluruh penjuru, membangkitkan semangat bagi masyarakat yang optimis dalam menghadapi masa depan. Bukan hanya sebagai lagu kebangsaan, penggalan lirik tersebut menjadi jati diri bangsa dan identitas bagi Negara Kesatuan Negara Republik Indonesia (NKRI).

Pada setiap liriknya, bukan hanya sekedar memoar tanpa arti. Pada setiap liriknya, terdapat do’a untuk keutuhan NKRI. Lagu ini menjadi penyemangat untuk menjadi generasi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang lebih baik. Caranya dengan mengoptimalkan seluruh potensi diri dengan maksimal.

Semangat yang muncul dari sebait lirik lagu, yang menjadi cerminan kedaulatan negara menjadi nilai penyemangat bagi ASN untuk menjalankan tugasnya sebagai pelayan publik, pelaksana kebijakan, dan pemersatu bangsa. Dalam hal ini, perlu ASN yang berintegritas, yang menyematkan lirik lagu kebangsaan dalam dirinya, menjadikan semangat untuk memberikan yang terbaik bagi negeri.

ASN “Bangga Melayani Bangsa” sebagai employer branding yang diusung ini menjadi refleksi bagi ASN untuk terus tumbuh, beradaptasi, dan mengimplementasikan seluruh tenaga, pikiran, dan usaha terbaik bagi bangsa. Selain itu, terdapat fondasi terbaru untuk ASN yaitu terdapat nilai-nilai dasar atau core value BerAKHLAK.

BerAKHLAK menjadi akronim dari Berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif yang diluncurkan dengan tujuan menyeragamkan nilai-nilai dasar ASN di Indonesia. Pada konteks ASN, perlu dibangun peran sistem dalam pembentukan perilaku seorang ASN agar dapat bertugas dengan maksimal.

Dalam core value ASN dapat menjadi titik pembaharu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, sehingga memerlukan modal sosial yang perlu diusahakan dari setiap ASN. Modal sosial menjadi penting bagi ASN dengan core value BerAKHLAK, yaitu manusia yang dihubungkan dengan hubungan sosial masyarakat yang diikat dengan kepercayaan yang terbentuk.

Dalam hal ini, ASN memegang kepercayaan dari masyarakat untuk menjadi pelayan publik yang BerAKHLAK. Dimensi kognitif yang berkaitan dengan dimensi kognitif atau cultural yang ingin dimunculkan. ASN harus mampu menunjukkan pengaruh kepercayaan solidaritas, dan resiprositas untuk terciptanya masyarakat yang dapat mencapai tujuan bersama.

Dimensi struktural ASN berupa ruang lingkup organisasi yang mendorong kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat. Dengan demikian, perlu adanya hubungan antara modal sosial ASN serta implementasi core value BerAKHLAK yang diusung.

Berorintesi pelayanan bagi seorang ASN merupakan jiwa juang sebagai berlakunya tatanan nilai untuk memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Dengan semua perubahan yang terjadi dalam ruang lingkup global dan local, maka dalam berorientasi pelayanan juga perlu bagi ASN untuk melakukan perbaikan tiada henti.

Akuntabel bagi ASN yaitu dengan melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggungjawab, efektif dan efisien dalam menggunakan barang milik Negara. Negara memiliki anggaran dari pajak masyarakat dan keseluruhan aliran dana yang digunakan perlu pengelolaan yang bijaksana.

ASN yang berkompeten yaitu ASN yang terus meningkatkan kompetensi diri untuk melaksanakan tugas dengan kualitas terbaik. Harmonis yang menjadi core value ASN yaitu dengan menghargai setiap orang apapun latar belakangnya untuk tujuan membangun lingkungan kerja yang kondusif.

Core value ASN loyal, memegang teguh pada ideologi Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 19445 serta setia kepada NKRI. Sehingga, dalam ASN yang loyal, perlu pribadi yang menjaga nama baik serta menjaga rahasia jabatan dan Negara.

ASN yang adaptif, yaitu ASN yang dapat menyesuaikan diri untuk tujuan inovasi serta bertindak proaktif dalam mengembbangkan kreatifitas. ASN kolaboratif, yaitu ASN yang memberikan kesempatan yang terbuka untuk bekerja sama sebagai penebar manfat sumber daya untuk tujuan bersama.

ASN yang memiliki nilai BerAKHLAK melakukan pengabdian bela Negara untuk menjadi pemersatu bangsa perlu itikad, tekad, dan integritas yang selalu menjadi landasannya. BerAKHLAK dalam hal ini, menjadi generasi yang ikhlas dan berorientasi pada keberkahan Allah SWT pencipta seluruh alam, karena semua hal akan dipertanggungjawabkan bukan hanya di dunia, namun di akhirat.

Sehingga, ASN yang BerAKHLAK, bukan hanya sekedar akronim yang disematkan untuk praktiknya, namun BerAKHLAK untuk mencapai Ridho-Nya menjadi arahan kecerdasan spiritual ASN yang menjadi kunci. Dengan demikian, semua ASN dapat mengerjakan tugasnya sesuai dengan arahan yang jelas.

Disana, tempat lahir beta
Dibuai, dibesarkan bunda
Tempat berlindung dihari tua
Tempat akhir menutup mata

Artikel ini telah dibaca 25 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kenapa PBNU/NU Dianggap Pro Rezim atau NU Plat Merah?

3 Maret 2023 - 12:45 WIB

PBNU atau NU terlihat absen dalam sejumlah Isu penting yang berkaitan dengan hajat dan kemaslahatan umat.

Sebira versus Siberia: Catatan Untuk Anies Baswedan

23 Februari 2023 - 14:17 WIB

Menggugat Arogansi Adaro, Perusahaan Tambang Batubara Oligarkis!

13 Februari 2023 - 06:51 WIB

Anies, Agenda Perubahan dan Tembak Mati Koruptor

2 Februari 2023 - 07:00 WIB

Tujuh Tantangan Besar Indonesia 2023: Ketimpangan Sosial dan Kemiskinan

23 Desember 2022 - 22:00 WIB

Tujuh Tantangan Besar Indonesia 2023: Demokrasi Harus Di Selamatkan

21 Desember 2022 - 16:54 WIB

Trending di Opini